Ikan Lele Dumbo

Jumat, 27 Februari 2015


BUDIDAYA LELE DUMBO KOLAM TERPAL
DI DESA PANGGUNG


Di daerah Amuntai terkenal sebagai salah daerah di Kalimantan Selatan yang memiliki hasil ikan lele dumbo yang di akui kualitasnya. Namun akhir – akhir ini ikan lele dumbo mulai merajai dunia ikan lele dumbo.Makin banyak permintaan akan ikan lele dumbo dikarenakan bentuknya atau desain lebih mengarah ke desain modern mulai diminati. Semakin hari semakin bertambah minat terahadap ikan lele dumbo ini. Dan prospek usaha ini sangat menjanjikan.
 




Di Desa Panggung budidaya ikan lele kolam terpal mempunyai prospek yang cukup baik dalam bentuk pembenihan dan pembesaran. Artinya permintaan konsumen terhadap ikan lele semakin meningkat. Dengan teknik pemeliharaan yang baik, akan diperoleh hasil budidaya yang memuaskan dan diminati konsumen. Lele dumbo dapat berkembang pesat di kolam, sawah, kakab, dan comberan. Pemahaman  budidaya yang baik dan pemenfaatan teknologi yang efesien tentu akan dapat memenuhi standar peminatan konsumen.
Dengan demikian, tingkat penghasilan para petani akan semakin bertambah dan dapat menyejahterakan kehidupan keluarga.Semua hal yang berkaitan dengan teknik budidaya lele dumbu dan peningkatan persyaratan kualitas hasil panen.


Jadi saya akan memberi gambaran secara umum tentang budidaya ikan lele dumbo kolam terpal  di Desa Panggung,Kalimantan Selatan ,Kabupaten Balangan.

a)      benih ikan lele banyak dibutuhkan oleh para pembudidaya ikan lele yang mengkhususkan usaha nya   dalam pembesaran ikan lele menjadi ikan yang siap konsumsi (1kg isi 8-10ekor)
b)       masih kurangnya pasukan benih bagi para petani ikan lele,
c)      pembenihan dapat dilakukan dengan lahan yang terbatas,hal ini sesuai dengan keadaan saya yang tinggal di daerah pedesaan ,
d)     pengalaman yang saya miliki dalam pembudidayaan ikan khususnya dalam hal pembenihan ikan lele,
e)       ikan lele mempunyai kelebihan dalam hal daya tahan hidupnya lebih baik dari ikan jenis yang lain,
f)       dalam pembudidayaan ikan lele baik pembenihan maupun pembesaran dapat di lakukan dalam kolam tanah,bak tembok ataupun bak plastic(kolam terpal) sehingga cocok bagi tempat    usaha di desa ini.
Usaha yang di kelola warga Desa Panggung yaitu budidaya ikan lele dumbo,disini ada beberapa manfaat ikan lele dumbo.
Adapun manfaat ikan lele yaitu:
1.      Sebagai bahan makanan.
2.      Ikan lele dari jenis lainnya juga dapat dimanfaatkan sebagai ikan pajang atau ikan hias.
3.      Ikan lele juga dapat diramu dengan berbagai bahan obat lain untuk mengobati penyakit asma, menstruasi ( datang bulan ) tidak teratur, hidung berdarah, kencing darah, dan lain-lain.
Nah , bagaimana friends ! apakah kalian tertarik ingin mencoba ikan lele dumbo khas Desa Panggung,coba aja ya datang ke Kalimantan Selatan.:) hahayyy

0 komentar:

Posting Komentar